Senin, 18 Februari 2013

memperbaiki kipas angin

Cara memperbaiki KIPAS ANGIN

untitled-1.jpg
oke langsung saja membahas kipas angin yang rusak, pertama-tama kita kita harus tahu gejala kerusakannya,seperti:
   1.tidak berputar kipasnya atau mati total
   2.terjadi panas atau suara mendengung didalam kumparan kipas
   3.leher kipas tidak bisa berputar kekanan-kekiri
   4.Dinyalakan lama baru baling kipasnya bisa jalan cepat

kipas2.jpg
untuk cara memperbaikinya,kita uraikan satu persatu. monggo disimak,mak cloroooot:
    1.tidak berputar kipasnya atau mati total
kamu cek dulu tegangan AC sudah masuk tidak ke kumparan kipas dengan membuka sambungan kabel dengan kumparan yang ada di dalan lilitan kumparan kipas,setelah dicek  ternyata tidak ada tegangan berarti jalur kabel dari kumparan ke stop kontak mengalami putus ,entah itu di tombol swich on/off nya atau timernya(kalau kipasnya mengunakan timer) apabila ada tegangannya berarti yang rusak adalah kumparannya ada yang putus jalur kumparannya atau kapasitornya mati ganti bila perlu dan satu lagi ada beberapa merk kipas angin yang memberikan sebuah resistor didalam lilitan kumparan yang berguna untuk memutuskan arus menuju ke kumparan bila terjadi panas yang berlebihan.jadi cek dulu resistornya ada atau tidak didalam kipas angin tersebut biasanya ada di merk terkenal seperti maspion,sanken dan mayaka

       2.terjadi panas atau suara mendengung didalam kumparan kipas
bila terjadi masalah ini biasanya terjadi konsleting atau hubung singkat antara lilitan kumparan ditandai dengan kelihatan terbakar didalam lilitan kumparan ganti kumparan dengan yang baru biasanya ditoko dijual banyak sekali,tapi harus ingat mesin kipasnya harus dibawa untuk memcocokkan ukuran mesinnya atau bisa terjadi berkaratnya liner bearingnya menggalami keausan yang mengakibatkan perputaran baling-baling akan terasa berat yang menyebabkan kumparan panas  

        3.leher kipas tidak bisa berputar kekanan-kekiri
masalah ini terjadi karena gigi-gigi yang ada didalam mesin sudah mengalamin keausan atau giginya lepas dari tempatnya.coba buka mesinnya dan olesi dangan pelumas gigi tersebut baru pasang lagi . apabila tidak bisa ganti gigi dengan yang baru

        4.Dinyalakan lama baru baling kipasnya bisa jalan cepat
ini sering terjadi karena keausan liner bearingnya dan juga kapasitornya yang mulai agak soak biggrin cara mengatasinya dengan membuka liner bearingya dan beri pelumas dilinear beringya kemudian pasang kembali dan coba putar tempat baling-balingnya lancar atau belum kalau sudah ditingal rokokan dulu tapi kalau belum ganti liner bearingya dengan yang baru. bila sudah terpasang semuanya masih lambat putarannya berarti kapasitornya harus ganti dengan yang baru

kipas4.jpg
itu dulu penjelasan dari saya maaf kalau tulisanya agak belepotan, semua itu adalah pengalaman saya dalam memperbaiki kipas angin bila kurang jelas bisa comment dibawa.



Cara Memperbaiki KIpas Angin Sendiri
Yang awan dengan dunia elektronika apalagi sudah menyangkut urusan listrik, gak perlu takut deh, listrik ada dua bagian kok, AC dan Dc, AC adalah arus bolak balik dari sumber arus listrik PLN yang memiliki tegangan 110v sd 220v, di indonesia rata rata sudah menggunakan 220v. Nah sumber arus AC dibilang juga sumber arus kuat. Sedangkan tegangan DC atau arus searah, yang mana biasanya ada pada rangkaian elektronik yang ada dirumah semisal, Tv, Kipas angin, radio, stereo set, dvd player dan sebagainya.Tegangan pada arus DC dari yang paling rendah 1,5v, 3v,6v,9v, 13v, 13,8v, 19v,24v, 35v sampe 48v tergantung rangkaiannya, Arus Dc terbilang arus lemah jadi tidak begitu berbahaya.


cara memperbaiki kipas angin 

Nah setelah paham gak perlu bingung dan pusing bila disuruh memperbaiki peralatan elektronik yang rusak milik sendiri. Pada dasarnya hampir semua peralatan listrik bisa di perbaiki sendiri asalkan anda punya nyali untuk bongkar pasang peralatan tersebut. Yang penting sabar dan sedikit hati hati.Kali ini admin akan akan coba bahas tips ringan yang sering terjadi yaitu kipas angin matot. cara memperbaiki kipas angin yang mati atau tidak mau berputar / matot alias mati total. Mati total disini artinya memang tidak ada respon sama sekali ketika kipas angin tersebut dihidupkan, atau sering sekali terjadi ketika kipas angin dihidupkan ternyata masih ada respon tapi cuma berdengung.

Berikut cara memperbaiki kipas angin matot beserta langkah langkahnya :


1. Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus / colokan yang mengarah ke sumber arus PLN.


2. Cek dulu kabel power kipas angin.

Kabel power merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel, bagian kabel di gigit tikus. kerusakan ini bisa langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun, untuk kabel power yang putus didalam kita harus mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.

3. Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin.

Bila Kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah bengkok atau los / aus sehingga ketika saklarnya di tekan akan balik lagi. Cek dengan multitster.

4. Cek bagian Koneksi kabel antara kabel kecepatan / bagian yang menempel pada sakalar dengan kabel yang menuju listrik langsung ( kebanyakan berwarna hitam atau putih ) jika kipas angin belum pernah dibongkar.Pada panel bagian Saklar speed / kecepatan akan terlihat 4 buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin. 3 kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik.Sedangkan untuk kipas angin yang hanya 2 speed kabelnya hanya ada 3 buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN.Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester.


Cara pengetesannya adalah potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar, enaknya potong dibagian tengah kabel biar mudah menyambungnya jika sobat tidak punya solder. atur posisikan saklar multitester pada X1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo / kumparan kipas angin tersebut secara bergantian. Jika trafo / kumparan kipas angin dalam kondisi bagus maka jarum multiester akan bergerak kekanan menunjukan koneksi.


Jika ada salah satu kabel yang dikukr ternyata tidak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik ( warna putih atau hitam ).


Bila ini yang terjadi kemungkinan yang putus adalah Thermofuse ( bentuknya kecil seperti resistor ) sering disebut sekering. posisinya tertutup  bungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung. Jika tidak kemungkinan kawat kumparannya / trafo kipas angin ada yang putus di bagian tengah.Nah jika 100% kerusakan bagian kumparan trafo, ini bagian sulit yang tidak bisa diperbaiki sendiri harus dibawah keagen layanan servis sesuai merk kipas angin sobat, untuk diperbaiki atau diganti.


5. Cek kapasitor kipas angin.

Kejadian yang sering banyak dialami adalah Kipas Angin berputar lambat, kondisi begini menandakan Kapasitor yang mulai melemah, rusak bahkan mati. Ukuran Kapasitor pada Kipas Angin bervariasi antara 400V /1,8 uf hingga 400V / 2,5 uf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak dibagian belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekannya rada cukup lihat kondisi, jika seperti melembung / membengkak / pecah dipastikan cuma kapasitor ini yang rusak, lepaskan lalu beli di toko yang jual spare part elektronik harganya murah sekitar Rp.4500 Rp.sd 10.000, pasang dengan yang baru.

Demikian tips cara memperbaiki kipas angin yang mati total ( matot ), tips admin dapat dari teknisi resmi Maspion dantelah dicoba sendiri dan berhasil. Semoga berguna, "Tidak semua hal didunia ini harus dibayar dengan uang, memberi akan lebih baik daripada menerima". 
 
  Diberdayakan oleh Terjemahan

Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya
Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya


Ini adalah sebuah tips dan triks bagi teman - teman yang tidak mempunyai bekal ilmu kelistrikan atau elektronik menemui masalah kipas angin atau exhaust fan di rumah anda putaran motornya sangat lambat atau melemah, dua minggu yang lalu saya menemukan masalah seperti ini setelah tanya beberapa teman apa saja fungsi komponen pada exhaust fan dan kipas angin yang berhubungan dengan putaran akhirnya berhasil juga.



Tanpa berbekal kelistrikan yang cukup saya coba mengganti salah satu komponen yang terdapat pada exhaust fan tersebut dan tanpa diduga ternyata tips dan triks ini memuaskan dan berhasil, ini tidak terlepas dari bantuan teman - teman.

Sungguh senang rasanya exaust fan saya yang selama ini berputar sangat lambat bisa sekencang pada saat pertama saya membelinya.
Salah satu komponen yang saya ganti tersebut adalah sebuah Capasitor yang fungsinya sebagai penyimpan muatan listrik, jika sudah rusak atau lemah tentunya tidak akan berfungsi dengan baik sehingga muatan listrik yang di supply akan berkurang tentunya.
Bagaiman cara mengganti capasitor kipas angin atau exhaust fan tersebut :
1. Lepas tutup kipas angin atau  exhaust fan sehingga Capasitornya bisa terlihat contoh seperti pada gambar di bawah ini :

2. Capasitor pada exhaust fan terletak di samping saklar berbentuk persegi panjang warna hitam dengan dua kaki. Lihat contoh pada gambar di bawah ini :


3. Capasitor pada kipas angin terletak di belakang motor dan terlihat sama bentuknya seperti pada exhaust. Lihat pada gambar dibawah ini :

4. Cara melepasnya sangat mudah lepaskan kedua isolator ( biasanya pakai isolator ulir ) dengan memutar ke sebelah kiri dan jangan lupa diingat terlebih dahulu pemasangannya agar tidak salah pasang saat mengganti dengan yang baru.

5. Belilah capasitor yang baru yang sesuai dengan type yang dipakai di toko-toko alat elektronik terdekat dan harganya cukup murah. Lihat contoh gambar Capasitor yang saya ganti pada exhaust fan :

Dengan tips dan triks cara memperbaiki kipas angin atau exhaust yang lemah atau lambat putaran motornya ini semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar